Prosedur Lelang Perancis yang Wajib Dilaksanakan

Prosedur Lelang Perancis yang Wajib Dilaksanakan

Prosedur Lelang Perancis yang Wajib Dilaksanakan – Untuk mendapatkan barang unik dengan nilai sejarah yang tinggi, kita dapat memperolehnya melalui lelang. Barang-barang yang ditawarkan selama proses lelang biasanya merupakan barang yang terbatas dan sulit di temukan di pasaran. Perancis merupakan salah satu negara yang gemar melakukan kegiatan lelang dan menawarkan barang atau benda dengan harga jual yang tinggi. Selama mengikuti lelang, ada tiga prosedur yang perlu dilakukan. Salah satu prosedur yang perlu dijalankan adalah pra lelang. Pra lelang sendiri merupakan beberapa kegiatan yang penawar lakukan sebelum acara lelang diselenggarakan. Pada prosedur pra lelang, penawar perlu melakukan penandatanganan kerjasama, penerimaan dokumen, pengecekan aspek hukum dan peninjauan aset. Bagi peserta lelang yang ingin mengikuti penawaran di acara lelang, mereka harus menyetorkan sejumlah uang sebagai uang jaminan. Jumlah uang setoran terendah sebesar 20% dari harga limit.

Leclere-mdv – Prosedur lelang yang lainnya adalah pelaksanaan lelang. Acara tersebut menjadi puncak acara dimana para penawar dapat melakukan tawar menawar harga atas barang yang mereka inginkan. Kegiatan ini tentunya hanya dapat dilakukan jika prosedur pra lelang telah dilaksanakan dengan baik. Sebelum melakukan lelang, peserta wajib menyetorkan uang jaminan dengan besaran yang telah ditentukan. Mereka juga wajib mengetahui akan hak dan kewajiban yang dimiliki dan melihat aset yang akan dibeli dengan cermat sehingga tidak akan menghadapi keluhan di masa mendatang. Ketika lelang diberlangsungkan, ada dua metode lelang yang dapat dilakukan oleh peserta lelang seperti:

a. Lelang lisan
Metode ini dilakukan dengan mengundang banyak orang yang berperan sebagai calon pembeli. Harga limit lelang akan ditawarkan secara langsung kepada calon penawar. Jika ada kenaikan harga, proses tersebut akan dipandu dan diperhatikan oleh pemandu lelang. Bagi penawar yang setuju dengan harga tertentu, mereka akan mengangkat tanda yang menjelaskan bahwa ia setuju dengan harga yang ditawarkan.

b. Lelang tertulis
Lelang tertulis dilaksanakan dengan cara menulis tawaran harga pada saat proses lelang. Tulisan yang telah ditulis akan dimasukkan ke dalam sebuah amplop yang nantinya ditutup pada batas tertentu yang telah ditentukan oleh pihak penyelenggara lelang. Bagi penawar yang turut mengikuti proses lelang, mereka berkewajiban untuk memenuhi segala bentuk ketentuan yang telah ditetapkan. Penawar yang menawarkan dengan harga paling tinggi merupakan pihak yang memenangkan pelelangan.

Baca juga : Tips Mengikuti Acara Lelang di Perancis

Prosedur lelang yang terakhir adalah purna lelang. Apabila terdapat keluhan dari pihak pemenang lelang, penyelenggara akan membantu mengatasi masalah yang terjadi. Layanan purna lelang meliputi proses pelunasan, serah terima, laporan akhir lelang, dan penyetoran pajak. Bagi mereka yang berhasil memenangkan pelelangan, ia akan mendapatkan berita acara yang menjelaskan bahwa dirinya berhasil memenangkan acara lelang. Pemenang lelang diwajibkan untuk menjalankan kewajibannya berdasarkan dengan persyaratan yang ada. Ketiga prosedur ini dilakukan di seluruh acara lelang yang ada di Perancis. Dengan menjalankan ketiga prosedur, acara lelang dapat berjalan dengan baik dan lancar sehingga para peserta lelang dapat merasa nyaman pada saat acara lelang diselenggarakan.

Perlu diingat, mereka yang memenangkan lelang merupakan sosok yang berhasil menawarkan barang dengan harga tertinggi. Guna mendapatkan barang-barang lelang yang diharapkan, penawar harus menyiapkan dana yang cukup besar. Apalagi jika barang yang ditawar merupakan barang unik dan memiliki nilai sejarah yang tinggi, harga penawaran akan semakin mahal. Perancis menawarkan barang lelang seperti lukisan, mobil, benda bersejarah hingga perhiasan.