Membeli Barang Lelang di Perancis, dan Bagaimanakah Sistemnya?

Membeli Barang Lelang di Perancis, dan Bagaimanakah Sistemnya

Membeli Barang Lelang di Perancis, dan Bagaimanakah Sistemnya? – Salah satu cara untuk memiliki sebuah barang yang bisa dibilang memiliki nilai sejarah atau kenangan tertentu dengan harga murah, maka bisa didapatkan dengan mudah melalui sebuah proses yang dikenal dengan system lelang. Di mana ada banyak barang yang memang dijual dengan proses lelang adalah barang-barnag terbatas maupun barang yang akan sulit ditemukan di pasaran.

Mengenal Prosedur Lelang di Perancis

Leclere-mdv – Negara Perancis adalah sebuah Negara yang memang suka melakukan banyak aktivitas dan kegiatan khususnya kegiatan lelang. Di mana Negara ini juga bisa memberikan banyak pilihan barang dengan nilai harga jualnya yang tinggi. Di sejumlah tempat, bahkan Negara sekalipun, ada sejumlah proses maupun prosedur lelang yang harus dilakukan.

Di mana prosedur yang harus dijalankan sendiri diantaranya sebagai berikut ini:

• Sistem Pra Lelang

Pra lelang adalah sebuah system yang akan mengharuskan para penawarnya untuk melakukan penandatanganan kerjasama, kemudian mendapat penerimaan dokumen, mengecek dari aspek hukum serta meninjau asset. Sedangkan seluruh peserta lelang yang akan mengikuti kegiatan lelang ini, harus menyetorkan sebagian uang untuk dijadikan sebuah jaminan. Untuk jumlahnya sendiri biasanya 20% dari harga limit yang akan ditawarkan.

• Pelaksanaan Lelang

Saat para peserta sudah menyerahkan sejumlah uang untuk deposit atau jaminan, maka pelaksanaan lelang akan segera dimulai. Nah, untuk pelaksanaan lelang sendiri terbagi menjadi 2 macam dan akan dilakukan dengan proses terakhir sebagai pemutusan kesimpulannya. Di mana ada lelang lisan dan juga lelang tertulis. Untuk lebih jelasnya, inilah penjelasan singkatnya:

  • Lelang Lisan

Lelang lisan ini adalah lelang yang akan mengundang cukup banyak orang untuk dijadikan sebagai calo pembeli. Di mana harga limit lelang nantinya juga akan ditawarkan secara langsung kepada seluruh pembeli atau penawar. Apabila ada kenaikan harga selama proses lelang, maka akan dipandu langsung oleh seorang pemandu lelang. Jika nantinya ada penawar yang akan setuju dengan harga tertentu, maka mereka akan mengangkat tanda sebagai pertanda bahwa ia akan setuju dengan harga yang sudah ditawarkan.

  • Lelang Tertulis

Lelang ini adalah sebuah proses yang akan dilakukan dengan menuliskan harga ketika proses lelang dilangsungkan. Nantinya, sebuah tulisan yang sudah ditulis, maka akan dimasukkan pada sebuah amplop yang akan ditutup pada batar tertentu yang sudah ditentukan oleh pihak penyelenggara lelang. Penawar yang menawar dengan harga tertinggi, maka adalah seorang yang berhasil dalam memenangkan proses pelelangan. Proses ini akan dilakukan dan memakan banyak waktu karena harus diseleksi terlebih dahulu oleh pihak yang menyelenggarakan proses pelelangan.

Baca juga : Inilah Syarat Membeli Rumah Lelang di Perancis

Purna Lelang

Proses lelang terakhir disebut dengan purna lelang. Apabila nantinya ada sebuah keluhan dari pihak pemenang lelang, maka nantinya pihak penyelenggara akan membantu untuk mengatasi permasalahan yang akan terjadi. Di mana layanan purna lelang ini juga akan berkaitan dengan proses pelunasan, proses serah terima, pembuatan laporan akhir lelang, bahkan sampai pada tahapan penyetoran pajak. Bagi seseorang yang berhasil memenangkan pelelangan, maka ia akan diberikan sebuah surat bahwa seseorang tersebut adalah seseorang yang akan memenangkan proses pelelangan.

Sebelum benar-benar mengikuti proses pelelangan, maka akan sangat disarankan bagi Anda untuk menyiapkan dana yang besar. Terlebih lagi jika barang-barang yang akan dibeli adalah barang yang unik, langka bahkan memiliki nilai yang cukup tinggi. Biasanya, Negara Perancis akan menawarkan barang lelang yang bersejarah baik itu mobil, lukisan, perhiasan, dan lain sebagainya.